Workshop Materi PPSMB UGM 2022 & Penyiapan Kerangka Materi PPSMB UGM 2023

Pada hari Jumat – Sabtu, 11 – 12 November 2022 bertempat di Griya Persada Convention Hotel dan Resort Kaliurang, Subdirektorat Pengembangan Karakter Mahasiswa menyelenggarakan workshop membahas mengenai materi PPSMB UGM 2022 & Penyiapan Kerangka Materi PPSMB UGM 2023. Tujuan dari kegiatan tersebut diantaranya untuk mengevaluasi materi-materi yang disampaikan selama berlangsungnya PPSMB Tahun 2022, seperti metode pembelajaran yang digunakan selama PPSMB, serta diskusi terkait dengan garis besar kerangka materi untuk PPSMB 2023.

Workshop hari pertama diadakan 2 sesi. Sesi pertama berlangsung pada pukul 15.00 – 18.00 yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Prof. Dr. Wening Udasmoro, S.S., M.Hum., DEA. Beliau menyampaikan sekiranya dalam PPSMB tidak hanya mengenalkan mahasiswa lebih dekat dengan lingkungan kampus, tetapi juga memberikan target capaian yang terukur. Menurut Prof. Wening setidaknya ada 4 capaian diharapkan dapat terimplementasi di kegiatan PPSMB yakni perilaku, integritas, pengetahuan dan aspek kesehatan termasuk di dalamnya megenai kesehatan mental.

Pertemuan hari pertama kemudian berlanjut di sesi kedua bertempat di ruang pertemuan Maliawan dihadiri oleh Dr. Arie Sujito selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian Masyarakat dan Alumni, Dr. Sindung Tjahyadi selaku Direktur Kemahasiswaan, Dr.dr. Rustamaji, M.Kes selaku Direktur Pengabdian Kepada Masyarakat serta tim task force PPSMB UGM. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor menyampaikan bahwa PPSMB ke depannya menekankan ke arah humanisme dan tanggung jawab. Aspek humanisme ini dimaksudkan agar para mahasiswa lebih aware terhadap lingkungan, komunitas dan setiap indivu di dalam lingkungan tersebut agar tercipta kesadaran untuk saling memahami serta peduli antar satu sama lain.

Di hari kedua pelaksanaan workshop, para tim task force PPSMB melaksanakan Focus Group Discussion (FDG) dengan dibagi menjadi 2 tim utama membahas tentang kerangka materi yang akan disusun untuk PPSMB 2023 berdasarkan bahan evaluasi di hari pertama. Tim pertama berfokus pada pembahasan kerangka materi PPSMB Universitas dan Softskills, sementara tim yang kedua berfokus pada pembahasan materi PPSMB untuk Fakultas. Output dari pelaksanaan kegiatan ini diharapkan menjadi landasan pelaksanaan PPSMB UGM di tahun 2023 dengan menyesuaikan kebutuhan transfer pengetahuan kepada mahasiswa dan terselenggaranya PPSMB UGM yang lebih baik.

 

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*