WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA 2018

WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA 2018

Telah dilaksanakan salah satu rangkaian kegiatan dari Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Gadjah Mada (PMW UGM) 2018, yakni Workshop Kewirausahaan, pada Sabtu – Minggu, 7 – 8 April 2018. Kegiatan ini diikuti oleh peserta PMW 2018 dan mahasiswa UGM lain yang mendaftar. Pada hari pertama sesi Workshop diisi oleh Ir. Edi Suryanto, M.Sc., Ph.D. dengan materi “Pengantar Kewirausahaan dan Pengembangan Spirit Kewirausahaan”. Materi ini berisi tentang penanaman jiwa kewirausahaan yang memiliki nilai-nilai kreativitas, inovasi, kompetensi, kepercayaan diri, dan kedisiplinan.

Materi selanjutnya, yakni “Mewujudkan Ide dan Kreativitas Bisnis” dipaparkan oleh Rokhima Rostiani, S.E., M.Mgt. Dalam pemaparan materi ini, banyak pelajaran dan insight baru yang diperoleh oleh peserta Workshop, misalnya dalam pembahasan tentang makna kreativitas. Sejatinya, kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk mencari beragam solusi dalam mengatasi sebuah masalah.

Pada sesi berikutnya dengan materi “Manajemen Organisasi/Tim Bisnis”, peserta diajak oleh narasumber Ridwan Saptoto, S.Psi., Psi., M.A. untuk lebih memahami seni dalam mengelola sumber daya yang dimiliki. Dalam pemaparan materinya, Ridwan Saptoto menegaskan bahwa ketika wirausahawan tidak memiliki komitmen untuk membentuk manajemen organisasi yang baik, maka bisnis yang dijalankan akan rentan untuk berkonflik. Pada materi “Pengembangan Sistem Keuangan” yang disampaikan oleh Faiz Zamzani, S.E., M.Acc. seorang wirausaha perlu untuk memerhatikan aspek keuangan dari usaha yang dijalankan. Seorang wirausaha yang baik ialah mereka yang dapat mengatur dan mengalokasikan modal usaha mereka dengan efisien.

Workshop hari kedua mengangkat materi Branding, Networking, dan Sociopreneur. Adapun pembicara materi ini ialah Fitri Damayanti Berutu, S.E., S.S., M.Sc. yang memaparkan tentang peranan branding dalam dunia wirausaha. “Pengembalian dalam bentuk loyalitas akan lebih berharga sebagai indikator keberhasilan branding suatu usaha” ujar Fitri Damayanti. Selanjutnya materi yang disampaikan oleh narasumber Sang Kompiang Wirawang, S.T., M.T. menjelaskan tentang pentingnya Networking dalam membangun hubungan simbiosis mutualisme antar wirausaha dengan stakeholders di sekitarnya.

Pada sesi selanjutnya, Dr.-Ing. Ir. Agus Mulyono memberikan sebuah pandangan baru bagi para peserta Workshop terkait dengan Sociopreneurship. Sebagai generasi muda, peserta diajak untuk lebih memikirkan suatu jenis wirausaha yang berfokus pada dampak sosial yang ditimbulkan di masyarakat atas usaha yang dilakukan. Di akhir setiap kegiatan peserta melakukan Focus Group Discussion untuk membahas materi yang diberikan.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*