Lead Preneurship, Step by step Launching Product, dan Halal Certificate | Capacity Building PMW 2024

Pada hari Sabtu, 9 Maret 2024 telah terlaksana Capacity Building dengan materi Leadpreneurship, Step by step launching product dan Halal Certificate. Kegiatan ini diikuti sekitar 180 peserta di Auditorium Fakultas Biologi pada pukul 08:00 WIB sampai pukul 14:00 WIB. 

 

Pemaparan materi sesi pertama disampaikan oleh Mohammad Genta Mahardika, SE, MBA yang membahas mengenai Leadpreneurship. Terdapat kalimat yang disampaikan yaitu “Lead Yourself, Lead Others” kalimat ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian kepada para wirausahawan, bahwa peserta harus dapat memimpin diri sendiri sebelum memimpin suatu tim. Kepribadian dari pemimpin akan menentukan kepribadian dari tim yang terbentuk. Setelah pondasi kepribadian dalam diri seorang pemimpin terbentuk maka dia akan dapat menjalankan kepemimpinan dengan maksimal. Sesi kedua dilanjutkan dengan materi step by step launching product oleh Dra. Ani Setyopratiwi, M.Si yang menyampaikan tahapan rilis produk dengan melalui langkah-langkah QCDSM (Quality, Cost, Delivery, Safety, Moralitas, Inovasi). 

  • Quality, kualitas harus menjadi prioritas utama agar bisnis dapat berdiri dengan kokoh
  • Cost, seorang wirausahawan harus dapat menghitung dengan seksama dan teliti kebutuhan bahan baku, dan gaji.
  • Delivery,  Konsumen harus diberi kemudahan untuk mendapatkan produk/jasa yang kita tawarkan.
  • Safety, Keamanan produk menjadi perhatian penting karena dapat mempengaruhi penjualan dan citra produk/jasa.
  • Moralitas, seorang wirausahawan tidak boleh memilih produk/jasa yang mudah untuk direalisasikan tetapi harus memilih yang benar. Dalam artian konsumen dan produsen sama-sama mendapat keuntungan. 
  • Inovasi, seorang wirausahawan harus terus menciptakan inovasi produk/jasa agar keberlanjutan sesuai dengan perkembangan zaman. 

 

Sesi ketiga penyampaian materi Halal Certificate oleh Ir. Edi Suryanto, M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN Eng. dilakukan setelah Ishoma (Istirahat, Sholat, Makan). Pak Edi membuka sesi dengan memberikan Ice Breaking singkat untuk melatih fokus dari para peserta. Beliau juga mengadakan sesi kuis berhadiah bagi peserta yang bisa menjawab beberapa pertanyaan selama sesi penyampaian materi. Dengan adanya penyampaian materi ini diharapkan peserta mengetahui proses mendapatkan sertifikasi halal yang harus melalui rangkaian berikut :

  • Pengajuan sertifikasi halal 
  • Proses auditing 
  • Proses pembayaran 

 

Antusias peserta tidak menurun meskipun harus mengikuti kelas dari pagi sampai sore, sesi tanya jawab bersama para narasumber membuka kesempatan bagi peserta untuk berdiskusi dan meminta saran secara langsung mengenai persoalan dalam produk/jasa yang sedang mereka kembangkan.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*