Workshop Self Awarenes & Personal Development | PELITA GADJAH MADA 2024

Perkembangan zaman saat ini telah menuntut individu untuk terus berkembang dalam mengembangkan potensi diri. Untuk memenuhi tuntutan zaman tersebut, Pelita Gadjah Mada hadir sebagai fasilitator yang akan membimbing mahasiswa UGM dalam meningkatkan kesadaran diri melalui jiwa kepemimpinan. 

Kegiatan pelatihan kepemimpinan yang diselenggarakan oleh Subdirektorat Pengembangan Karakter, Direktorat Kemahasiswaan diharapkan mampu mengajak mahasiswa untuk mengimplementasikan nilai-nilai kepemimpinan melalui kegiatan-kegiatan workshop yang diadakan.

Seperti pada hari Sabtu, 9 Maret 2024, Pelita Gadjah Mada mengadakan workshop melalui platform Zoom yang bertajuk tema “Self Awareness & Personal Development” untuk meningkatkan kesadaran diri mahasiswa tentang berbagai aspek tentang diri dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mengelola diri. Kegiatan workshop yang dihadiri oleh 200 peserta Pelita Gadjah Mada menyajikan tiga sesi utama. Trainer membuka sesi pertama dengan melakukan survey interaktif kepada peserta terkait pemikiran mereka terhadap tema “Self Awareness & Personal Development”. Selama 10 menit, Trainer merangkum beragam jawaban yang telah tersaji pada mentimeter. Hasil survey tersebut, selanjutnya membuka topik diskusi yang menarik terkait “Urgensi Kesadaran Diri dalam Kepemimpinan”. Dalam pemaparan materi tersebut, Trainer memandu peserta untuk mengenal diri melalui aktivitas “Strength Showcase Canvas”. Tidak hanya itu, peserta juga dibimbing untuk menjelajahi nilai-nilai yang mereka yakini akan berpengaruh pada pengambilan keputusan mereka melalui aktivitas “Value Exploration”. Antusias peserta dapat terlihat jelas ketika mereka saling bergantian untuk memaparkan hasil yang mereka miliki.

Sesi kedua dengan tema “Personal Growth & Development” mengajak mereka untuk saling berdiskusi terkait hal-hal yang sedang mereka kembangkan baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Pada sesi ini, Trainer menekankan pada peserta untuk terus belajar, bertumbuh, membuat rencana, serta menemukan dukungan sosial untuk proses pengembangan diri. Melalui aktivitas “Growth Zone Canvas”, para peserta saling merefleksi diri mereka untuk menuliskan kembali apa-apa saja yang telah mereka capai. Sesi ini ditutup dengan diskusi serta tanya jawab.

Memasuki sesi ketiga, peserta diminta untuk mengambil dua buah benda di sekitar mereka yang mana masing-masing benda dapat menggambarkan keadaan mereka ketika dalam kondisi positif dan negatif. Kegiatan diskusi semakin interaktif ketika peserta menunjukkan benda tersebut ke kamera dan Trainer meminta mereka menceritakan apa kaitannya beda yang mereka ambil dengan perasaannya. Diskusi tersebut juga menjadi awal dibukanya sesi ketiga dengan tema “Menghadapi Tantangan, Menumbuhkan Resiliensi”.

Rangkaian workshop dengan tiga sesi utama ini, ditutup dengan tugas dan tindak lanjut kepada peserta untuk menulis jurnal harian selama 5 hari terhitung dari hari Sabtu-Rabu tentang “Journey to Self-Discovery”. Selain itu, peserta juga diminta untuk membuat mind-map profil diri sebagai bentuk dari rangkuman sesi pelatihan serta elaborasi terkait pemahaman terhadap profil diri masing-masing peserta.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*