Peresmian dan Grand Opening Ruang Praktik Usaha Mahasiswa “Dalem Masaji”

Pada hari Rabu, 21 September 2022 telah dilaksanakan acara Grand Opening sekaligus peresmian Dalem Masaji sebagai ruang praktik usaha dari mahasiswa Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Stand kuliner Dalem Masaji sendiri letaknya berada di kawasan Foodpark Lembah Universitas Gadjah Mada, yang banyak dikunjungi tidak hanya dari warga UGM namun juga dari masyarakat luar.

Subdirektorat Pengembangan Karakter melalui program PMW, membuka ruang praktik usaha dengan tujuan tidak lain untuk memfasilitasi mahasiswa wirausaha terpilih agar bisa merasakan langsung dinamika berjualan di stand offline, karena selama ini usaha yang dirintis masih memasarkan produknya secara online dengan sistem pre-order.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Direktur Kemahasiswaan, Dr. R. Suharyadi, M.Sc -beliau memberikan apresiasi luar biasa kepada para pelaksana yang terlibat dalam peresmian Dalem Masaji. Tidak lupa, dalam sesi tersebut beliau mengucapkan selamat berdinamika di dunia wirausaha kepada 7 usaha yang terpilih untuk mengisi stand kuliner Dalem Masaji, yakni : Ochurros, Kwali Kecik, Madretti Sando, Warung Anti Stes, Sego Gamboot, Banation, dan Mie Ayam Terserah.

Selanjutnya, sesi kedua diisi oleh sambutan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Dr. Arie Sujito, S.Sos., M.Si.,. Bapak Arie Sujito menekankan bahwa program semacam ini merupakan program yang patut dicontoh oleh program-program lain. Mahasiswa tidak hanya belajar teori bagaimana mendirikan dan membentuk usaha yang bagus, tetapi diberi ruang yang nyata untuk bisa berkarya serta berinovasi.  “Tidak ada yang tidak berguna dalam proses belajar. Kemampuan mahasiswa tidak hanya sekedar kemampuan meramu makanan, tetapi di dalamnya itu ada proses panjang yang membentuk social capital dan ini nantinya bisa digunakan sebagai bekal di masa depan”.

Dalam sesi acara tersebut sekaligus memberikan ruang bagi perwakilan mahasiswa wirausaha untuk menyampaikan pengalamannya selama mengikuti PMW sampai lolos untuk mengisi stand Dalem Masaji. Ilma merupakan mahasiswa di balik usaha Sego Gamboot yang dirintisnya sejak awal tahun 2022. Ilma mengatakan kalau ide Sego Gambootnya ini berasal dari kuliner daerah asalnya Banjarmasin dengan resep khas dari Ibunya. Selain mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah diberi kesempatan untuk bergabung di Dalem Masaji, Ilma juga mendukung konsep pemberian ruang praktik ini untuk diterapkan di program-program lain karena menurutnya Dalem Masaji adalah contoh yang baik agar mahasiswa bisa belajar dan berproses.

Terakhir, dilakukan prosesi potong pita sebagai simbolis telah resmi dibukanya stand Dalem Masaji. Acara kemudian dilanjutkan dengan mencicipi bersama sajian kuliner dari masing-masing usaha yang tergabung. (22/09/2022)