Subdirektorat Pengembangan Karakter UGM menyelenggarakan “Workshop Pitching Usaha” bagi peserta Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) pada Sabtu (23/09) di Kantor Subdirektorat Pengembangan Karakter UGM. Workshop ini merupakan salah satu kegiatan penting untuk melatih dan mengembangkan bakat wirausaha mahasiswa. P2MW sendiri merupakan program pendanaan kepada mahasiswa yang memiliki usaha dengan tujuan untuk memberikan pendampingan serta pelatihan yang diperlukan untuk kesuksesan usaha mereka, dimana P2MW ini diinisiasi oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Program P2MW UGM diikuti oleh 62 mahasiswa yang terbagi ke dalam 16 tim dengan kategori usaha yang berbeda, diantaranya bisnis digital, budidaya, jasa dan perdagangan, industri kreatif, makanan dan minuman, serta manufaktur dan teknologi terapan. Setiap tim diberi kesempatan untuk melakukan Pitching Usaha dalam waktu 3 menit. Dalam waktu yang terbatas tersebut, mereka harus mampu menyajikan informasi yang jelas dan meyakinkan, meliputi deskripsi usaha, masalah yang ditemui, solusi yang ditawarkan, pasar atau segmen yang ditarget, produk/jasa yang ditawarkan, memperkenalkan anggota tim dengan keahliannya, serta memberikan gambaran traksi atau proyeksi bisnis dalam jangka waktu 3 hingga 5 tahun ke depan.
Adapun mentor dalam Workshop Pitching Usaha ini merupakan mentor yang sudah berpengalaman dalam wirausaha, diantaranya Ibu Dr. Ir. Siti Andarwati, S.Pt., M.P., IPM., ASEAN Eng., Bapak Faiz Zamzami, SE., M. Acc., QIA, Bapak Edi Suryanto, Ir., M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN Eng., dan Bapak Ir. Galuh Adi Insani, S.Pt., M.Sc., IPM. Setiap mentor memberikan komentar yang sangat membangun terhadap masing-masing tim usaha, dengan harapan tim usaha dapat berkembang dan mampu bersaing dengan kompetitor usaha yang ada. Seperti yang disampaikan salah satu mentor, Bapak Galuh Adi, menjelaskan bahwa keunikan dan inovasi dari suatu produk/jasa itu sangat penting karena disitulah selling point atau nilai jual yang menjadi keunggulan sebuah produk/jasa dibandingkan dengan kompetitor lainnya.
Salah satu contoh usaha di bidang industri kreatif yang dijalankan oleh tim usaha P2MW UGM yaitu Pulih Book. Usaha ini berawal dari banyaknya kasus mahasiswa dan remaja saat ini yang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti mudah stres, anxiety, overthinking, dan gangguan kesehatan mental lainnya. Pulih merupakan sebuah produk buku dan kit yang berisi kumpulan aktivitas yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental pada remaja dan dewasa, dimana melalui buku ini kita dapat melakukan aktivitas seperti menulis, melukis, menggambar, dan sebagainya. Selain itu, terdapat pula usaha di bidang manufaktur dan teknologi terapan, yaitu Gepo Energy. Gepo Energy merupakan usaha yang bergerak di bidang renewable energy dengan menjual genting yang dilengkapi dengan sel surya pintar berbasis IoT.
Workshop Pitching Usaha ini bukan hanya sekadar kompetisi, namun juga merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mempertajam kemampuan mereka dalam berbicara di depan publik hingga berlatih memperluas jaringan dengan para profesional di dunia bisnis.
Penulis: Fadhilla
Foto: Fadhilla