Workshop Manajemen Kegiatan dan Program – PPSMB 2021

Workshop Manajemen Kegiatan dan Program – PPSMB 2021

Workshop Manajemen Kegiatan dan Program merupakan pelatihan bagi panitia PPSMB UGM 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 10 April 2021 pukul 08.00 hingga 10.00 WIB secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Agenda dihadiri oleh Tim Task Force PPSMB UGM 2021 dan seluruh koordinator divisi PPSMB UGM 2021. Workshop berisi materi Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan yang disampaikan oleh Wulan Tri Astuti, S.S., M.A. serta mengenai Manajemen Konflik oleh Ir. Cuk Tri Noviandi, S.Pt., M. Anim.St., Ph.D., IPM., ASEAN Eng.

Pemaparan materi pertama oleh Bu Wulan diawali dengan pembicaraaan dalam pengambilan keputusan pada momen dan posisi tertentu. “Dalam pengambilan keputusan kita harus mengusahakan untuk selalu memberi win-win solution” ujar Bu Wulan. Dalam proses pengambilan keputusan terdapat 2 hal mendasar yang harus diperhatikan yakni problem identification dan problem solution. Pada akhir sesi materi, Bu Wulan memberi kalimat penutup, “Tidak ada keputusan yang tidak benar, jutru keputusan buruk adalah disaat tidak mengambil keputusan”.

Materi kedua yang disampaikan oleh Ir. Novi diawali dengan arti dari konflik itu sendiri. Kemudian dijelaskan juga mengenai model dalam merespon konflik yang sedan terjadi. “Dalam menghadapi konflik, semua keputusan akan tampak abu-abu, namun keputusan harus tetap diambil daripada tidak mengambil keputusan sama sekali”, ujar Ir. Novi.

Selesai sesi materi, agenda dilanjutkan sesi sharing. Sesi ini diawali dnegan Tim TF yang bercerita mengenai suka duka selama berproses pelaksanaan PPSMB dari tahun ke tahun. Kemudian dari pihak koordinator divisi mengenai kegiatan yang sedang dialami pada masing-masing divisi.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*