Workshop Character Building PMW UGM 2021

Workshop Character Building PMW UGM 2021

Pada hari Sabtu, 10 April 2021 telah dilaksanakan Workshop Character Building PMW UGM 2021 secara daring melalui platform Zoom Meeting. Workshop Character Building ini dilaksanakan pada pukul 08.00-11.00 WIB dan diikuti oleh seluruh Tim PMW UGM 2021.

Terdapat 2 sesi pada kegiatan sinkron. Sesi pertama dengan materi Pengembangan Karakter Wirausaha oleh Barandi Sapta W., S.Si., M.Sc. dan sesi kedua dengan materi Sociopreneurship oleh Dr. Hempri Suyatna, S.Sos., M.Si.

Barandi Sapta W., S.si., M.Sc. menyampaikan bahwa Passion adalah salah satu karakter yang penting untuk ditumbuhkan dalam diri karena seberat apapun pekerjaan yang kita hadapi jika itu kesenangan atau hobi kita, maka kita akan tetap enjoy dan menikmati dalam prosesnya khususnya dalam berwirausaha. Ketika kita tidak menikmati prosesnya, bisa jadi itu bukan passion atau kesukaan kita.

Kemudian Dr. Hempri Suyatna, S.Sos., M.Si. membahas berkaitan Kunci dari Kewirausahaan Sosial adalah misi sosial, empowerment, beretika dalam menjalankan usaha, re-investasi pada misi sosial, dan orientasi keberlanjutan. Maka hal yang harus diketahui untuk mulai menjadi Wirausaha Sosial yaitu dengan memanfaatkan prinsip bisnis untuk mengatasi masalah sosial. Masalah sosial justru adalah peluang untuk memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat sekaligus peluang yang baik untuk bisnis.

Selanjutnya pada sesi asinkron melalui platform YouTube disampaikan oleh Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D.  materi mengenai Pengantar Perencanaan Bisnis.

Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D. berkata, “Dokumen Perencanaan Bisnis terdiri dari berbagai aspek mulai dari Company Description, Product and Service, Marketing Plan, Financial Plan, Executive Summary. Ide bisnis tidak sedikit yang memiliki kesamaan satu bisnis dengan bisnis lainnya, namun kita harus memberikan perbedaan as a Business Player. Tunjukkan bahwa kita passionate dan percaya diri agar rekan dan mitra bisnis kita memberikan kepercayaan kepada kita. Kata kuncinya adalah enthusiastic, professional, complete and concise.”

Setelah itu, peserta PMW UGM 2021 diminta untuk mengerjakan assessment pada pukul 15.30-16.00 WIB.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan karakter wirausaha yang diharapkan dapat dimiliki oleh seluruh TIM PMW UGM 2021, menganalisis peluang sociopreneurship selama era Pandemi COVID-19 dan mempersiapkan secara matang perencanaan bisnis ke depan.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*