Workshop Program PPSMB, PMW, dan SP2KM dalam Mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Workshop Program PPSMB, PMW, dan SP2KM dalam Mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Workshop Program PPSMB, PMW, dan SP2KM dalam Mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka telah dilaksanakan di University Club pada tanggal 30 Maret 2021. Kegiatan dimulai pukul 13.30 hingga 17.00 WIB. Pelaksanaan workshop secara blended (luring dan daring) yang dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UGM, Dr. R. Suharyadi, M.Sc. selaku Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr. dr. Rustamadji, M.Kes. selaku Kasubdit. Pengembangan Karakter Mahasiswa UGM, seluruh Task Force PPSMB, PMW dan SP2KM serta staf Subdit. Pengembangan Karakter Mahasiswa UGM.

Kegiatan workshop dibagi menjadi 2 sesi yakni sesi pemaparan program dan sesi Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan dibuka oleh Dr. R. Suharyadi terkait maksud diadakannya workshop yakni penyampaian progres serta masukan untuk kegiatan mahasiswa satu tahun mendatang. Kemudian pemaparan program disampaikan oleh perwakilan TF yang bersangkutan. Perihal PPSMB disampaikan oleh Dr. Ir. Nurulia Hidayah, S.Pt., M.P., IPM., program PMW oleh Dr. Ir. Siti Andarwati, S.Pt., M.P., IPM., dan SP2KM oleh Dr. Muhsin Al Anas, S.Pt.

Selesai pemaparan masing-masing program, Prof. Djagal memberi beberapa pandangan yang perlu disempurnakan terkait program yang sudah dijelaskan. “Harapannya, seluruh kegiatan yang mendukung mahasiswa dalam pengembangan diri bisa kita kalkulasikan menjadi kegiatan perkuliahan mahasiswa yang menjadi bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”, ujar Prof. Djagal.

Kegiatan dilanjutkan sesi kedua yakni FGD dengan pembagian peserta berdasarkan masing-masing program. Pembahasan utama mengenai kematangan perihal rancangan program, teknis pelaksanaan program serta rancangan hasil program yang berkelanjutan. Masing-masing TF juga berdiskusi mengenai teknis pengajuan program untuk dikalkulasikan menjadi Satuan Kredit Semester (SKS) yang bisa diambil oleh mahasiswa. Sesi FGD ditutup dengan penarikan kesimpulan dan arah bergerak selanjutnya dengan harapan masing-masing program dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat secara maksimal.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*