Informasi dan pendaftaran SP2KM 2017 juga dapat diakses di sini.

Sahabat Percepatan Peningkatan Kepemimpinan Mahasiswa (SP2KM) adalah sebuah program tahunan Direktorat Kemahasiswaan yang pelaksanaan kegiatannya dilakukan oleh Subdit Pengembangan Karakter Mahasiswa. Program ini merupakan program unggulan, karena pesertanya adalah mahasiswa yang memiliki energi lebih untuk dididik menjadi agen pengubah dengan kemampuan leadership yang baik di komunitas organisasi dan lingkungannya.

Secara umum program SP2KM diselenggarakan bertujuan membentuk dan pengembangan karakter mahasiswa di bidang kepemimpinan. Sedangkan secara khusus, program SP2KM bertujuan membekali kepada peserta dengan berbagai ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kepemimpinan, memberikan berbagai ketrampilan yang dapat membentuk dan mengembangkan karakter kepemimpinan, memberikan ruang bagi peserta untuk mempraktikkan kepemimpinan secara langsung, serta membiasakan peserta berfikir dan bekerja dalam kelompok interdisipliner.

Peserta SP2KM adalah mahasiswa program Sarjana dan Program Diploma Sekolah Vokasi UGM yang duduk di semester II atau IV, mempunyai kemampuan akademik yang bagus (Indeks Prestasi Kumulatif  minimum 3.00), dan pernah atau sedang aktif di organisasi kemahasiswaan, dinyatakan lulus melalui tahap seleksi administrasi, leaderless group discussion (LGD), maupun wawancara.

Dalam proses pembelajaran dan pelatihan, peserta SP2KM harus mengikuti tahapan kegiatan yang cukup panjang (Maret s.d. Desember) untuk menerima  materi-materi yang berkaitan dengan kepemimpinan oleh tim trainer. Sedangkan pada akhir kegiatan, peserta wajib melakukan Praktik Kepemimpinan (Action Plan).  Dalam rangka ikut mendukung kebijakan universitas di bidang kewirausahaan, maka peserta SP2KM wajib melakukan praktik kepemimpinan di bidang kewirausahaan sosial (sociopreunership).

Secara detail, kegiatan-kegiatan SP2KM adalah sebagai berikut:

  1. Sosialisasi dan Pendaftaran
  2. Seleksi (Desk EvaluationLeaderless Group Discussion, dan Wawancara)
  3. Kuliah Perdana (Studium Generale)
  4. Outbound Inisiasi
  5. Pelatihan Ketrampilan Diri/Special Management Skills (SMS)
  6. Pelatihan Berpikir Lanjut/Advance Thinking Skill (ATS)
  7. Pengenalan Keorganisasian dan Protokoler
  8. Pembentukan Sikap Kepemimpinan/Leadership Attitude (LA)
  9. Kemah Kepemimpinan/Leadership Camp (LC)
  10. Diskusi Intensif Kelompok/Intensif Group Discussion (IGD)
  11. Pelatihan How To Be A Problem Solver (HTPS)
  12. Kaderisasi Pemimpin/Big Brother Big Sister (B3S)
  13. Praktik Kepemimpinan/Action Plan