Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) merupakan bagian dari proses pendidikan Universitas Gadjah Mada yang berorientasi pada nilai-nilai luhur dan jati diri Universitas serta mengedepankan sikap sebagai intelektual yang mengandalkan kecerdasan berpikir, kedewasaan dalam bertutur kata dan bertindak, anti kekerasan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.Kegiatan PPSMB merupakan satu-satunya kegiatan resmi Universitas dalam rangka orientasi dan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru, serta bersifat wajib bagi mahasiswa baru.

Tujuan PPSMB secara garis besar adalah untuk mengenalkan sejarah, filosofi dan nilai-nilai, visi, misi, tata organisasi, kegiatan tri dharma, sarana prasarana, dan pestasi Universitas Gadjah Mada. Kegiatan PPSMB juga bertujuan menumbuhkembangkan jiwa ke-UGM-an, kemanusiaan, cinta tanah air, kemandirian, kepemimpinan, dan komitmen kebangsaan. Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa UGM mampu mengembangkan karakter sebagai manusia susila yang siap menjadi “Sang Juara” (santun, adil, nasionalis, gembira, jujur, unggul, amanah, religius, dan andal). Dalam kegiatan ini mahasiswa juga dibekali dengan ketrampilan hidup, kemampuan adaptasi, mengelola waktu, berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain, serta meningkatkan kapasitas diri sehingga siap menjadi problem solver.

PPSMB diselenggarakan secara  integratif se-UGM baik waktu, materi, panitia,  dan di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (Ketua Umum Ex Officio). Pelaksanaan pembelajaran PPSMB diklasifikasikan menjadi 3 kelompok kegiatan, yaitu:

  1. Kelompok Kegiatan Universitas, untuk pemberian materi universitas. Peserta dibagi dalam gugus. Setiap gugus terdiri dari beberapa kelas, dan setiap kelas berisi sekitar 50 mahasiswa dari berbagai program studi (interdisipliner)
  2. Kelompok Kegiatan Fakultas/Sekolah Vokasi, untuk pemberian materi Fakultas/Sekolah Vokasi. Peserta mengikuti kegiatan sesuai dengan Fakultas/Sekolah Vokasi
  3. Kelompok Kegiatan Soft skills, untuk pemberian materi Soft skills. Peserta dibagi dalam gugus. Setiap gugus terdiri dari beberapa kelas, dan setiap kelas berisi sekitar 50 mahasiswa dari berbagai program studi (interdisipliner)

Peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat kelulusan yang dapat digunakan untuk persyaratan mengikuti yudisum (kelulusan), pengajuan beasiswa, dana bantuan, dan untuk dapat aktif di kegiatan kemahasiswaan, termasuk menjadi pengurus organisasi mahasiswa.  Bagi peserta yang tidak lulus, wajib mengikuti Dharma Bakti Kampus (DBK).

Secara umum tahapan penyelenggaraan PPSMB mencakup 3 kegiatan besar:

  1. Persiapan
  2. Rekrutmen Panitia
  3. Traning Of Trainer
  4. Pelaksanaan Pembelajaran
  5. Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru dan Pembukaan PPSMB oleh Rektor
  6. Pemberian materi Universitas
  7. Pemberian materi Fakultas/Sekolah Vokasi
  8. Pemberian materi Soft skills
  9. Upacara Penutupan PPSMB oleh Rektor
  • Evaluasi dan Yudisium

Dalam menentukan keleulusan PPSMB, maka dilakukan evaluasi dan yudisium yang melibatkan Koordinator Gugus sebagai Perwakilan dari Fakultas/Sekolah Vokasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Formasi PPSMB tahun 2012
Formasi PPSMB tahun 2013

 

Formasi PPSMB tahun 2016
Formasi PPSMB tahun 2014
Formasi PPSMB tahun 2015