Dalam memasuki kehidupan baru di Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, mahasiswa perlu kesiapan psikologis maupun sosial untuk dapat beradaptasi secara cepat dengan dinamika kehidupan kampus, yang menunjang kedewasaan cara belajar dan bekerja sebagai seorang ilmuwan berkualitas. Berkaitan dengan itu, diperlukan suatu program yang dapat menstimulasi semangat dan antusiasme mahasiswa.

Kuliah Umum, Orientasi Ke-UGM-an, dan Pembekalan Kemahasiswaan mahasiswa baru Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada adalah suatu metode pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa Program Pascasarjana. Kegiatan ini merupakan bagian dari proses pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai luhur dan jati diri Universitas serta mengedepankan sikap sebagai intelektual yang mengandalkan kecerdasan berpikir, kedewasaan dalam bertutur kata dan bertindak, anti kekerasan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.  Kegiatan ini juga akan menegaskan peran dan tanggungjawab mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada sebagai pelopor dan pengawal kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di tingkat yang lebih luas. Pemberian motivasi dan keteladanan oleh tokoh bangsa diharapkan dapat menjadi salah satu kunci dalam membangkitkan semangat mahasiswa dalam mendukung pencapaian visi dan misi Universitas Gadjah Mada.

Kuliah Umum, Orientasi Ke-UGM-an, dan Pembekalan Kemahasiswaan mahasiswa baru Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada bertujuan menginspirasi, membuka wawasan, mengobarkan semangat mahasiswa untuk dapat meningkatkan kapasitas, kapabilitas, kompetensi, dan kualitas diri, serta menumbuhkan rasa tanggungjawab sebagai insan Gadjah Mada yang siap berkontribusi sebagai pemimpin/pelopor keilmuan, pengawal kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk dapat berdaulat dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Dengan  Kuliah Umum, Orientasi Ke-UGM-an, dan Pembekalan Kemahasiswaan mahasiswa baru Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan, tanggungjawab, dan jiwa korsa mahasiswa sebagai bagian dari sivitas akademika Universitas Gadjah Mada. Setiap unsur dari sivitas akademika harus siap dan mampu memberikan kontribusi yang maksimal untuk mewujudkan semangat UGM sebagai institusi yang “mengakar kuat, menjulang tinggi”.